Pages

Rabu, 28 Oktober 2015

PRINSIP BEHAVIORISME

Prinsip-prinsip behaviorisme yaitu:
1)      Manusia adalah binatang yang berkembang tinggi dan ia belajar sebagaimana binatang lainnya belajar.
2)      Pendidikan adalah sebuah proses rekayasa tingkah laku.
3)      Peran guru adalah menciptakan lingkungan belajar yang efektif.
4)      Efisiensi, ekonomi, ketepatan, dan objektivitas merupakan pertimbangan-pertimbangan nilai inti dalam pendidikan.
Pendapat Lain:
(1) Reinforcement and Punishment;
(2) Primary and Secondary Reinforcement;
(3) Schedules of Reinforcement;
(4) Contingency Management;
(5) Stimulus Control in Operant Learning;
(6) The Elimination of Responses
Implikasi Belajar:
ü  reinforcement dan punishment menjadi stimulus untuk merangsang siswa dalam berperilaku
ü  Kurang memberikan ruang gerak yang bebas bagi pebelajar untuk berkreasi, bereksperimentasi dan mengembangkan kemampuannya sendiri.
ü  proses pembelajaran yang sangat tidak menyenangkan bagi siswa yaitu guru sebagai central, bersikap otoriter, komunikasi berlangsung satu arah, guru melatih dan menentukan apa yang harus dipelajari murid.
ü  Hasil belajar yang didapatkan oleh siswa hanya apa yang diberikan oleh stimulus, dan bergantung pada respon yang siswa berikan.
Implikasi Perencanaan Pembelajaran:
§  Guru akan mempersiapkan proses pembelajaran yang tradisional, yang hanya berpusat  pada dirinya (teacher centered)
§  Guru hendaknya paham tentang apa jenis stimulus apa yang tepat yang diberikan kepada siswa.
§  Guru juga harus mengerti tentang jenis respons apa yang akan muncul pada diri siswa.
§  Merencanakan kurikulum dengan menyusun isi pengetahuan menjadi bagian-bagian kecil yang ditandai dengan suatu keterampilan tertentu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar