Prinsip-prinsip
behaviorisme yaitu:
1)
Manusia adalah binatang yang berkembang tinggi dan ia belajar sebagaimana
binatang lainnya belajar.
2)
Pendidikan adalah sebuah proses rekayasa tingkah laku.
3)
Peran guru adalah menciptakan lingkungan belajar yang efektif.
4)
Efisiensi, ekonomi, ketepatan, dan objektivitas merupakan
pertimbangan-pertimbangan nilai inti dalam pendidikan.
Pendapat
Lain:
(1) Reinforcement and Punishment;
(2) Primary and Secondary Reinforcement;
(3) Schedules of Reinforcement;
(4) Contingency Management;
(5) Stimulus Control in Operant Learning;
(6) The Elimination of Responses
Implikasi Belajar:
ü
reinforcement dan punishment menjadi stimulus
untuk merangsang siswa dalam berperilaku
ü
Kurang
memberikan ruang gerak yang bebas bagi pebelajar untuk berkreasi,
bereksperimentasi dan mengembangkan kemampuannya sendiri.
ü proses
pembelajaran yang sangat tidak menyenangkan bagi siswa yaitu guru sebagai
central, bersikap otoriter, komunikasi berlangsung satu arah, guru melatih dan
menentukan apa yang harus dipelajari murid.
ü Hasil belajar yang didapatkan oleh siswa hanya apa
yang diberikan oleh stimulus, dan bergantung pada respon yang siswa berikan.
Implikasi Perencanaan Pembelajaran:
§
Guru akan
mempersiapkan proses pembelajaran yang tradisional, yang hanya berpusat pada dirinya (teacher centered)
§ Guru hendaknya paham tentang apa jenis stimulus
apa yang tepat yang diberikan kepada siswa.
§ Guru juga harus mengerti tentang jenis respons
apa yang akan muncul pada diri siswa.
§
Merencanakan
kurikulum dengan menyusun isi pengetahuan menjadi bagian-bagian kecil yang
ditandai dengan suatu keterampilan tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar