Pages

Kamis, 08 September 2016

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KALAM (BERBICARA)

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KALAM (BERBICARA)

                                                            

DisusunOleh :
Fatimah AzzahraMutmainnah       12420007
Mardiana Tari                                12420039
Encep Apip                                   12420054


JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2015



KATA PENGATAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul Pengembangan Instrumen Penilaian Kalam (Berbicara)”.
Diharapkanmakalahinidapatmemberikaninformasikepadapembaca, dankitasemuatentangbeserta penjelasannya.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata, kamisampaikanterimakasihkepadasemuapihak yang telahberperansertadalampenyusunanmakalahinidariawalhinggaakhir.Semoga Allah SWT senantiasameridhoisegalausahakita.Amin.

Yogyakarta, 19 Mei 2015


Penyusun









BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Sesuai dengan kodrat yang dimiliki oleh manusia, maka pada diri manusia tumbuh suatu kecenderungan untuk selalu menggunakan segala sesuatu dengan daya guna serta hasil guna yang relatif cukup tinggi, termasuk didalamnya pengguanaan bahasa sebagai alat komunikasi. Dengan demikian, informasi yang ingin disampaikan dapat diterima sesuai dengan maksudnya, tanpa adanya gangguan suatu apapun.
Bahasa itu bersifat produktif, artinya sejumlah unsur yang yang terbatas, namun dapat dibuat satuan-satuan ujaran yang hampir tidak terbatas, sebagai contoh menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia susunan W.J.S Purwadarminta bahasa Indonesia hanya mempunyai lebih kurang 23.000 buah kata itu dapat dibuat jutaan kalimat yang tidak terbatas (Chaer dan Agustina, 2004:13).
Fungsi bahasa yang paling utama adalah sebagai alat komunikasi. Sebab, dengan bahasa sebagai alat komunikasi, bahasa mampu memberikan kemungkinan yang lebih luas dan kompleks daripada yang diperoleh dengan media lain.
Terdapat beberapa perbedaan mendasar antara keteramppilan berbicara dengan keterampilan-keterampilan yang lain, di satu waktu kita bisa membaca, menulis ataupun mendengarkan sesuatu kosakata tertentu, akan tetapi tidak disertai kemampuan berbicara atau berkomunikasi kecuali terdapat faktor-faktor lain yang mendorong kita menggunakan kosakata tersebut untuk berkomunikasi. Dalam berkomunikasi, seorang penutur bisa beralih menjadi pendengar atau sebaliknya. Sehingga kemampuan berbicara membutuhkan beberapa aspek keterampilan berbahasa lainnya.
Tes kemampuan berbicara bahasa Arab bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menggunakan bahasa Arab secara lancar dan benar dalam berkomunikasi secara lisan. Untuk mencapai tujuan itu, guru diharapkan merubah pola pengajaran dari tingkat menirukan atau memperagakan ke tingkat bagaimana agar siswa mampu mengungkapkan gagasan, ide maupun pikiran secara lisan.
Mengukur kemampuan berbicara bahasa Arab adalah mengukur kemampuan siswa dalam mengeksresikan ide, pikiran dan perasaan siswa dalam bahasa Arab lisan (ta’bir syafawi).[1] Dari  pemaparan tersebut, penyusun merasa perlu mengkaji lebih jauh tentang pengembangan instrumen penilaian, tes kemampuan berbicara dalam bahasa Arab (Kalam),

B.     Rumusan Masalah
                              1.            Jelaskan pengertian instrumen penilaian!
                              2.            Apakah tujuan dan fungsi penilaian?
                              3.            Sebutkan jenis-jenis instrumen penilaian!
                              4.            Buatlah contoh-contoh instrumen penilaian Kalam!












BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Instrumen penilaian
Intrumenadalahalat yang dipakaiuntukmengerjakansesuatu.[2]
Penilaianadalah proses, cara, perbuatanmenilai, pemberiannilai.[3]
Sedangkandalambukupengantarevaluasipendidikanpenilaianadalahmenilaisesuatu.Sedangkanmenilaiitu mengandungarti :mengambilkeputusanterhadapsesuatudenganmendasarkandiriatauberpegangpadaukuranbaikatauburuk, sehatatausakit, pandaiataubodohdansebagainya. Jadipenilaianitusifatnyaadalahkualitatif.
B.     Tujuan dan Fungsi Penilaian
Denganmengetahuimaknapenilaianditinjaudariberbagaisegidalamsistempendidikan, makadengancara lain dapatdikatakanbahwatujuanataufungsipenilaianadabeberapahal:[4]
1.      Penilaianberfungsiselektif
Dengancaramengadakanpenilaian guru mempunyaicarauntukmengadakanseleksiataupenilaianterhadapsiswanya. Dalampenilaianinstrumenketerampilanberbicaramakapenilaianberfungsiuntukmenyeleksiapakahinstrumen yang telahdibuatlayakuntukdigunakanatautidak.
2.      Penilaianberfungsidiagnostik
Apabilaadaalat yang digunakandalampenilaiancukupmemenuhipersyaratan, makadenganmelihathasilnya, guru akanmengetahuikelemahansiswa. Disampingitudiketahui pula sebabmusababkelemahanitu.Begitu pula denganpenilaianinstrumenketerampilanberbicarasehingga tau apasaja yang menjadikelemahandansebabmusababkelemahanintrumen yang telahdibuat.
3.      Penilaianberfungsisebagaipenempatan
Dalamhalinipenilaianberfungsiuntukdapatmenentukandenganpastidikelompokmanaseorangsiswaharusditempatkan.Dalampenilaianinstrumenketerampilanberbicarainimakapenilaianberfungsiuntukmenempatkaninstrumeninisebagaimanamestinya agar sesuaidengankebutuhansehinggatujuan yang ingindicapaimenjadiefektifdanefisien.
4.      Penilaianberfungsisebagaipengukurkeberhasilan
Penilaianinidimaksudkanuntukmengetahuisejauhmanasuatu program berhasilditerapkan.Keberhasilan program ditentukanolehbeberapafaktoryaitufaktor guru, metodemengajar, kurikulum, saran dansistemadministrasi.
C.    Jenis Instrumen Penilaian
Adapun jenis instrumen penilaian yaitu:
1.      Teknik non tes
Yang tergolongteknik non tesadalah:
a.       Skalabertingkat
Skalamenggambarkansuatunilai yang berbentukangkaterhadapsesuatuhasilpertimbangan.Suatuskalaselaludisajikandalambentukangka.
b.      Kuesioner
Kuesionerjugaseringdikenalsebagaiangket.Padadasarnya, kuesioneradalahsebuahdaftarpertanyaan yang harusdiisioleh orang yang akandiukur.
c.       Daftarcocok
Yang dimaksuddengandaftarcocokadalahderetanpernyataan (yang biasanyasingkat-singkat), dimanaresponden yang dievaluasitinggalmembubuhkantandacocokditempat yang sudahdisediakan.
d.      Wawancara
Wawancaraatau interview adalahsuatumetodeataucara yang digunakanuntukmendapatkanjawabandarirespondendenganjalantanyajawabsepihak.
e.       Pengamatan
Pengamatanatauobservasiadalahsuatuteknik yang dilakukandengancaramengadakanpengamatansecaratelitisertapencatatansecarasitematis.
2.      Tekniktes
Tesmerupakansuatualatpengumpulinformasitetapijikadibandingkandenganalat-alat yang lain, tesinisifatlebihresmikarenapenuhdenganbatasan-batasan.
Ditinjaudarisegikegunaanuntukmengukursiswa, makadibedakanatasadanya 3 macamtesyaitu:
a.       Tesdiagnostik
Tesdiagnostikada;ahtes yang digunakanuntukmengetahuikelemahan-kelemahansiswasehinggaberdasarkankelemahan-kelemahantersebutdapatdilakukanpemberianperlakuan yang tepat.
b.      Tesformatif
Tesinidimaksudkanuntukmengetahuisejauhmanasiswatelahterbentuksetelahmengikutisesuatu program tertentu.
Evaluasiformatifatautesformatifdiberikanpadaakhirsetiap program.Tesinimerupakanpost testatautekakhir proses.
c.       Tessumatif
Evaluasisumatifatautessumatifdilaksanakansetelahberakhirnyapemberiansekelompok program untukprogram  yanglebihbesar.

D.    Contoh Instrumen Penilaian Kalam
Terdapatbeberapabentuktes yang dapatdigunakanuntukmengukurkemampuanketerampilanberbicarabahasaarab.
A.    MendeskrifsikanGambar (washf al-shurah)
Siswadimintauntukmendeskripsikangambarsecaralisandenganmenggunakan
Bahasaarab, dalammendeskrifsikangambarterkadangdiberibeberapapertanyaan yang bekaitandengangambaratausecarabebassiswadimintamendeskrifsikanapa yang dilihatdalamgambar, sepertipadacontohberikut:


امامك الان صورة داخل الصف المطلوب منك أن تصف هذه الصورة شفويا وقبل أنتصفها أجب عن الأسئلة الاتية حول الصورة :
1ماذا تمثل هذه الصورة؟
2 ما الأدواتالي فيها؟
3 من يجلس علىالمقاعد؟
4 ماذا ترى على الحائط؟
5 ماذا يفعل المعلم؟
6 هل ترى التلاميذ منتبهين ؟
7 كيف عرفت ؟
8 هل ترى في الصورة أشياء لاتراها في صفك؟
9 ما هي؟

امامك الان صورة للحرم المكي , ويدا خلها الكعبة المشرفة , والمطلوب منك أن تصف المشهد في ثلاث فقرات شفويا.
وفقبل وصف الصورة شفويا اتبع الخطوات الاتية :
أولا : الوصف الإجمالي للمعالم البارزة :
ماذاترى في الصورة؟
أرى:
1 مسجدا ومئذنيتن
2 الكعبة المشرفة
3 الحاج
ثانيا : الوصف التفصيلي :
1 المسجد والمئذنتان
- ما وصف المسجد من الخارج؟
- ما وصف الئذتين ؟ (طولهما , شكلهما , هندستهما , أهميتهما )
- ما وصفالمسجد من الداخل ؟ (أعمدته , بسطه , منبره .......)
2 الكعبة المشرفة :
صف شكلها ومادة بنا ئها وكسوتها والحجر الأسود
من بناها ؟ ومتى ؟ وعلى أي شيء ترمز؟
3 الحجاج :
ما جنسيتهم؟ ذكور أم إناث ؟ ما ذا يلبسون؟ ماذا يفعلون؟

Gambar yang akandideskrifsikanbisajugaberupagambaryngmenceritakantentangsesuatu, sehinggaterdiridaribeberapagambar, misalnyagambar yang menceritakantentangaktivitaskeseharianmulaibanguntidur, sholatsubuhberjamaah, Membaca al-quran, brolahraga, mandi , sarapansampiberangkatkesekolah.
B.     Menceritakanpengalaman (washf al-khibrah)
Siswadimintauntukmenceritakantentangpengalamannya, sepertirekreasi, pengalaman yang menyenangkndanmenyedihkan.dalamberceritabisadiberipanduanatauceritabebassepertipadacontohberikut.
تكلم عن الرحلة التي شاركت فيه!
اتبع النقاط التاحلة :
متى تتحرك للرحلة؟
الى أين الرحلة؟
مع من تشارك الرحلة ؟
كيف تصل إلى مكانالتزه؟
كم ساعة تستغرقالرحلة؟
بماذا تشتعر ؟
C.    Wawancara (muqobalah)
            wawancaraatau dialog dalammaharah al-kalamseringsekalidigunakan, baikdalam proses pembelajarannyamaupunpengukurkemampuansisw. Dalamwawancaraatauhiwarah, siswadiajakberdialogdengantematertentudandengankriteria yang telahditentukan.
            Dalamwawancara, seorang guru ataupengujibisasecaralangsungmelakukanwawancaraatauhiwardengansiswa, atausiswadengansiswalainnya.
 أسئلة مهارة الكلم في التعارف بين المدرسة والطالب :
 : السلام عليكم المدرسة
الطلاب : .........................
المدرسة : ما اسمك ؟
الطلب : ...........................
المدرسة : من اين انت قادم ؟
الطلاب : ..............................
المدرسة : اين تسكن ؟
الطلاب : ..............................
المدرسة : اين تدرس ؟
الطلاب : ..............................
المدرسة : في اية المرحلة تجلس ؟
الطلاب : ............................

D.    BerbicaraBebas (ta’birkhur)
            Dalamta’bir (berbicarabebas) siswadimintauntukberbicarabebas; berbicarabebasmemilikiduaarti, pertama; siswadimintauntukberbicarasekitar 5-7 menitmenggunakanbahasa Arab dengantemaataujudulbebasdaridirimerekasendiri, ataukedua; berbicarabebasberartisiswadimintauntukberbicaratentangtemaselama 5-7 menittanpa point-point atauidee-ide sebagaipedomanmerekadalamberbicara.
            Temaataujuduldapatdigunakandalamberbicarabebasdiupayakanberkaitandengantemaataujudul-judul yang telahsiswaketahuisebelumnya, halinibertujuan agar siswatidakmerasakesulitandalammasalahisi, karenatujuanutamanyaadalahuntukmengukurkemampuansiswadalamberbicarabahasa Arab bukanpadapenguasaanisinya.
            Diantarajudul-judul yang dapatdigunakandalamberbicarabebes(ta’birkhur)adalahsebagaipadacontohberikut:
تكلم عن الموضوعات الاتية حول 5- 7 دقائق :
1 البيانات الشخصية
2 السكن
3 العمل
4 وقث الفراغ
5 العلاقات مع الاخرين
6 المناسبات العامة والخاصة
7 الصحة والمرض
8 التربية والتعليم
9 فى السوق
10 فى المطعم
E. Diskusi
            Disinisiswadiajakberdiskusimengenaitematertentu, pelaksanaandiskusibisajugadilaksanakandengan model sepertidebatterutamajikakemampuanmerekasudahdalamtingkatmutaqadim (tinggi), atauberdiskusisederhanatentangtematertentusepertipadacontohberikut :

هل توافق او لا توافق؟ ولماذا؟
الزواج السعيد هو الذي يخلو من المشكلات-
اكثرالخلافات بين الزوجين سببها الاقارت-
الفرض من الزواج الاستمتاع بالحياة-

Selain itu menurut M. Ainin Dkk, ada beberapa strategi lain yang dapat digunakan oleh guru dalam tes Kalam, seperti:[5]
a)      Menggunakan ungkapan baku
·         Menstimuli dan merespon ucapan selamat (terkait waktu atau terkait peristiwa)
·         Menstimuli dan merespon tentang keadaan
b)      Memperkenalkan diri
c)      Menceritakan gambar tunggal
d)     Menceritakan gambar berseri dengan panduan pertanyaan
e)      Menceritakan gambar berseri tanpa panduan
f)       Menceritakan pengalaman dengan panduan (misalnya kegiatan liburan dan kegiatan rutin sehari-hari)
g)      Mendeskripsikan objek
h)      Pidato











BAB III
PENUTUP
o  Kesimpulan
Terdapatbeberapabentuktes yang dapatdigunakanuntukmengukurkemampuanketerampilanberbicarabahasaarab, seperti: mendeskripsikan gambar, menceritakan pengalaman, wawancara, berbicara bebas dan diskusi.
a)      Menggunakan ungkapan baku
·         Menstimuli dan merespon ucapan selamat (terkait waktu atau terkait peristiwa)
·         Menstimuli dan merespon tentang keadaan
b)      Memperkenalkan diri
c)      Menceritakan gambar tunggal
d)     Menceritakan gambar berseri dengan panduan pertanyaan
e)      Menceritakan gambar berseri tanpa panduan
f)       Menceritakan pengalaman dengan panduan (misalnya kegiatan liburan dan kegiatan rutin sehari-hari)
g)      Mendeskripsikan objek
h)      Pidato








DAFTAR PUSTAKA
Hamid, Abdul. Mengukur Kemampuan Bahasa Arab. 2010. Malang: Uin Maliki Press.
KamusBesarBahasa Indonesia. 1989. Jakarta: Balai Pustaka,
Arikunto, Suharsimi.Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.  1986. Yogyakarta: Bina Aksara.
Aimin M. dkk. Evaluasi Dalam Pembelelajaran Bahasa  Arab.






[1]Abdul Hamid, Mengukur Kemampuan Bahasa Arab, (Malang: Uin Maliki Press, 2010), Hlm 52-53
[2]KamusBesarBahasa Indonesia, (Jakarta: BalaiPustaka, 1989) hlm. 334
[3]Ibid,hlm. 615.
[4]SuharsiniArikunto, Dasar-dasarEvaluasiPendidikan, (Yogyakarta: BinaAksara, 1986) hlm. 7-8.
[5]M. Aimindkk, Evaluasi Dalam Pembelelajaran Bahasa  Arab., hlm. 163

Tidak ada komentar:

Posting Komentar