PENGEMBANGAN INSTRUMEN
PENILAIAN KALAM (BERBICARA)
DisusunOleh :
Fatimah AzzahraMutmainnah 12420007
Mardiana Tari 12420039
Encep Apip 12420054
JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2015
KATA PENGATAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT
yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami
berhasil menyelesaikan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang
berjudul “Pengembangan Instrumen Penilaian Kalam
(Berbicara)”.
Diharapkanmakalahinidapatmemberikaninformasikepadapembaca,
dankitasemuatentangbeserta penjelasannya.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh
dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat
membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata, kamisampaikanterimakasihkepadasemuapihak
yang telahberperansertadalampenyusunanmakalahinidariawalhinggaakhir.Semoga
Allah SWT senantiasameridhoisegalausahakita.Amin.
Yogyakarta, 19 Mei 2015
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sesuai dengan kodrat yang dimiliki oleh manusia, maka
pada diri manusia tumbuh suatu kecenderungan untuk selalu menggunakan segala
sesuatu dengan daya guna serta hasil guna yang relatif cukup tinggi, termasuk
didalamnya pengguanaan bahasa sebagai alat komunikasi. Dengan demikian,
informasi yang ingin disampaikan dapat diterima sesuai dengan maksudnya, tanpa
adanya gangguan suatu apapun.
Bahasa itu bersifat produktif, artinya sejumlah unsur
yang yang terbatas, namun dapat dibuat satuan-satuan ujaran yang hampir tidak
terbatas, sebagai contoh menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia susunan W.J.S
Purwadarminta bahasa Indonesia hanya mempunyai lebih kurang 23.000 buah kata
itu dapat dibuat jutaan kalimat yang tidak terbatas (Chaer dan Agustina,
2004:13).
Fungsi bahasa yang paling utama adalah sebagai alat
komunikasi. Sebab, dengan bahasa sebagai alat komunikasi, bahasa mampu
memberikan kemungkinan yang lebih luas dan kompleks daripada yang diperoleh
dengan media lain.
Terdapat beberapa perbedaan mendasar antara keteramppilan
berbicara dengan keterampilan-keterampilan yang lain, di satu waktu kita bisa
membaca, menulis ataupun mendengarkan sesuatu kosakata tertentu, akan tetapi
tidak disertai kemampuan berbicara atau berkomunikasi kecuali terdapat
faktor-faktor lain yang mendorong kita menggunakan kosakata tersebut untuk
berkomunikasi. Dalam berkomunikasi, seorang penutur bisa beralih menjadi
pendengar atau sebaliknya. Sehingga kemampuan berbicara membutuhkan beberapa
aspek keterampilan berbahasa lainnya.
Tes kemampuan berbicara bahasa Arab bertujuan untuk
mengukur kemampuan siswa dalam menggunakan bahasa Arab secara lancar dan benar
dalam berkomunikasi secara lisan. Untuk mencapai tujuan itu, guru diharapkan
merubah pola pengajaran dari tingkat menirukan atau memperagakan ke tingkat
bagaimana agar siswa mampu mengungkapkan gagasan, ide maupun pikiran secara
lisan.
Mengukur kemampuan berbicara bahasa Arab adalah mengukur
kemampuan siswa dalam mengeksresikan ide, pikiran dan perasaan siswa dalam
bahasa Arab lisan (ta’bir syafawi).[1]
Dari pemaparan tersebut, penyusun merasa
perlu mengkaji lebih jauh tentang pengembangan instrumen penilaian, tes
kemampuan berbicara dalam bahasa Arab (Kalam),
B. Rumusan Masalah
1.
Jelaskan pengertian instrumen penilaian!
2.
Apakah tujuan dan fungsi penilaian?
3.
Sebutkan jenis-jenis instrumen penilaian!
4.
Buatlah contoh-contoh instrumen penilaian
Kalam!
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Instrumen penilaian
Intrumenadalahalat yang dipakaiuntukmengerjakansesuatu.[2]
Penilaianadalah proses, cara, perbuatanmenilai, pemberiannilai.[3]
Sedangkandalambukupengantarevaluasipendidikanpenilaianadalahmenilaisesuatu.Sedangkanmenilaiitu
mengandungarti :mengambilkeputusanterhadapsesuatudenganmendasarkandiriatauberpegangpadaukuranbaikatauburuk,
sehatatausakit, pandaiataubodohdansebagainya. Jadipenilaianitusifatnyaadalahkualitatif.
B.
Tujuan dan Fungsi Penilaian
Denganmengetahuimaknapenilaianditinjaudariberbagaisegidalamsistempendidikan,
makadengancara lain dapatdikatakanbahwatujuanataufungsipenilaianadabeberapahal:[4]
1.
Penilaianberfungsiselektif
Dengancaramengadakanpenilaian guru
mempunyaicarauntukmengadakanseleksiataupenilaianterhadapsiswanya.
Dalampenilaianinstrumenketerampilanberbicaramakapenilaianberfungsiuntukmenyeleksiapakahinstrumen
yang telahdibuatlayakuntukdigunakanatautidak.
2.
Penilaianberfungsidiagnostik
Apabilaadaalat yang
digunakandalampenilaiancukupmemenuhipersyaratan, makadenganmelihathasilnya,
guru akanmengetahuikelemahansiswa. Disampingitudiketahui pula
sebabmusababkelemahanitu.Begitu pula
denganpenilaianinstrumenketerampilanberbicarasehingga tau apasaja yang
menjadikelemahandansebabmusababkelemahanintrumen yang telahdibuat.
3.
Penilaianberfungsisebagaipenempatan
Dalamhalinipenilaianberfungsiuntukdapatmenentukandenganpastidikelompokmanaseorangsiswaharusditempatkan.Dalampenilaianinstrumenketerampilanberbicarainimakapenilaianberfungsiuntukmenempatkaninstrumeninisebagaimanamestinya
agar sesuaidengankebutuhansehinggatujuan yang ingindicapaimenjadiefektifdanefisien.
4.
Penilaianberfungsisebagaipengukurkeberhasilan
Penilaianinidimaksudkanuntukmengetahuisejauhmanasuatu
program berhasilditerapkan.Keberhasilan program
ditentukanolehbeberapafaktoryaitufaktor guru, metodemengajar, kurikulum, saran dansistemadministrasi.
C.
Jenis Instrumen Penilaian
Adapun jenis instrumen penilaian yaitu:
1.
Teknik
non tes
Yang
tergolongteknik non tesadalah:
a.
Skalabertingkat
Skalamenggambarkansuatunilai
yang berbentukangkaterhadapsesuatuhasilpertimbangan.Suatuskalaselaludisajikandalambentukangka.
b.
Kuesioner
Kuesionerjugaseringdikenalsebagaiangket.Padadasarnya,
kuesioneradalahsebuahdaftarpertanyaan yang harusdiisioleh orang yang
akandiukur.
c.
Daftarcocok
Yang
dimaksuddengandaftarcocokadalahderetanpernyataan (yang biasanyasingkat-singkat),
dimanaresponden yang dievaluasitinggalmembubuhkantandacocokditempat yang
sudahdisediakan.
d.
Wawancara
Wawancaraatau
interview adalahsuatumetodeataucara yang
digunakanuntukmendapatkanjawabandarirespondendenganjalantanyajawabsepihak.
e.
Pengamatan
Pengamatanatauobservasiadalahsuatuteknik
yang
dilakukandengancaramengadakanpengamatansecaratelitisertapencatatansecarasitematis.
2.
Tekniktes
Tesmerupakansuatualatpengumpulinformasitetapijikadibandingkandenganalat-alat
yang lain, tesinisifatlebihresmikarenapenuhdenganbatasan-batasan.
Ditinjaudarisegikegunaanuntukmengukursiswa,
makadibedakanatasadanya 3 macamtesyaitu:
a.
Tesdiagnostik
Tesdiagnostikada;ahtes
yang
digunakanuntukmengetahuikelemahan-kelemahansiswasehinggaberdasarkankelemahan-kelemahantersebutdapatdilakukanpemberianperlakuan
yang tepat.
b.
Tesformatif
Tesinidimaksudkanuntukmengetahuisejauhmanasiswatelahterbentuksetelahmengikutisesuatu
program tertentu.
Evaluasiformatifatautesformatifdiberikanpadaakhirsetiap
program.Tesinimerupakanpost testatautekakhir proses.
c.
Tessumatif
Evaluasisumatifatautessumatifdilaksanakansetelahberakhirnyapemberiansekelompok
program untukprogram yanglebihbesar.
D.
Contoh Instrumen Penilaian Kalam
Terdapatbeberapabentuktes yang
dapatdigunakanuntukmengukurkemampuanketerampilanberbicarabahasaarab.
A.
MendeskrifsikanGambar (washf al-shurah)
Siswadimintauntukmendeskripsikangambarsecaralisandenganmenggunakan
Bahasaarab,
dalammendeskrifsikangambarterkadangdiberibeberapapertanyaan yang
bekaitandengangambaratausecarabebassiswadimintamendeskrifsikanapa yang
dilihatdalamgambar, sepertipadacontohberikut:
امامك
الان صورة داخل الصف المطلوب منك أن تصف هذه الصورة شفويا وقبل أنتصفها أجب عن
الأسئلة الاتية حول الصورة :
1ماذا تمثل هذه الصورة؟
2 ما الأدواتالي فيها؟
3 من يجلس علىالمقاعد؟
4 ماذا ترى على الحائط؟
5 ماذا يفعل المعلم؟
6 هل ترى التلاميذ منتبهين ؟
7 كيف عرفت ؟
8 هل ترى في الصورة أشياء لاتراها في
صفك؟
9 ما هي؟
امامك الان صورة للحرم المكي , ويدا
خلها الكعبة المشرفة , والمطلوب منك أن تصف المشهد في ثلاث فقرات شفويا.
وفقبل وصف الصورة شفويا اتبع الخطوات
الاتية :
أولا : الوصف الإجمالي للمعالم البارزة
:
ماذاترى في الصورة؟
أرى:
1 مسجدا ومئذنيتن
2 الكعبة المشرفة
3 الحاج
ثانيا : الوصف التفصيلي :
1 المسجد والمئذنتان
- ما وصف المسجد من الخارج؟
- ما وصف الئذتين ؟ (طولهما , شكلهما ,
هندستهما , أهميتهما )
- ما وصفالمسجد من الداخل ؟ (أعمدته ,
بسطه , منبره .......)
2 الكعبة المشرفة :
صف
شكلها ومادة بنا ئها وكسوتها والحجر الأسود
من
بناها ؟ ومتى ؟ وعلى أي شيء ترمز؟
3
الحجاج :
ما
جنسيتهم؟ ذكور أم إناث ؟ ما ذا يلبسون؟ ماذا يفعلون؟
Gambar yang akandideskrifsikanbisajugaberupagambaryngmenceritakantentangsesuatu,
sehinggaterdiridaribeberapagambar, misalnyagambar yang
menceritakantentangaktivitaskeseharianmulaibanguntidur, sholatsubuhberjamaah,
Membaca al-quran, brolahraga, mandi , sarapansampiberangkatkesekolah.
B.
Menceritakanpengalaman (washf al-khibrah)
Siswadimintauntukmenceritakantentangpengalamannya, sepertirekreasi,
pengalaman yang
menyenangkndanmenyedihkan.dalamberceritabisadiberipanduanatauceritabebassepertipadacontohberikut.
تكلم عن الرحلة
التي شاركت فيه!
اتبع النقاط
التاحلة :
متى تتحرك
للرحلة؟
الى أين الرحلة؟
مع من تشارك
الرحلة ؟
كيف تصل إلى
مكانالتزه؟
كم ساعة
تستغرقالرحلة؟
بماذا تشتعر ؟
C.
Wawancara (muqobalah)
wawancaraatau
dialog dalammaharah al-kalamseringsekalidigunakan, baikdalam proses pembelajarannyamaupunpengukurkemampuansisw.
Dalamwawancaraatauhiwarah,
siswadiajakberdialogdengantematertentudandengankriteria yang telahditentukan.
Dalamwawancara,
seorang guru
ataupengujibisasecaralangsungmelakukanwawancaraatauhiwardengansiswa, atausiswadengansiswalainnya.
أسئلة مهارة الكلم في التعارف بين المدرسة
والطالب :
: السلام عليكم المدرسة
الطلاب :
.........................
المدرسة : ما اسمك ؟
الطلب :
...........................
المدرسة : من اين انت قادم ؟
الطلاب :
..............................
المدرسة : اين تسكن ؟
الطلاب :
..............................
المدرسة : اين تدرس ؟
الطلاب :
..............................
المدرسة : في اية المرحلة تجلس ؟
الطلاب :
............................
D.
BerbicaraBebas (ta’birkhur)
Dalamta’bir
(berbicarabebas) siswadimintauntukberbicarabebas;
berbicarabebasmemilikiduaarti, pertama; siswadimintauntukberbicarasekitar 5-7
menitmenggunakanbahasa Arab dengantemaataujudulbebasdaridirimerekasendiri,
ataukedua; berbicarabebasberartisiswadimintauntukberbicaratentangtemaselama 5-7
menittanpa point-point atauidee-ide sebagaipedomanmerekadalamberbicara.
Temaataujuduldapatdigunakandalamberbicarabebasdiupayakanberkaitandengantemaataujudul-judul
yang telahsiswaketahuisebelumnya, halinibertujuan agar
siswatidakmerasakesulitandalammasalahisi,
karenatujuanutamanyaadalahuntukmengukurkemampuansiswadalamberbicarabahasa Arab
bukanpadapenguasaanisinya.
Diantarajudul-judul
yang dapatdigunakandalamberbicarabebes(ta’birkhur)adalahsebagaipadacontohberikut:
تكلم عن الموضوعات الاتية حول 5-
7 دقائق :
1 البيانات الشخصية
2 السكن
3 العمل
4 وقث الفراغ
5 العلاقات مع الاخرين
6 المناسبات العامة والخاصة
7 الصحة والمرض
8 التربية والتعليم
9 فى السوق
10 فى المطعم
E. Diskusi
Disinisiswadiajakberdiskusimengenaitematertentu,
pelaksanaandiskusibisajugadilaksanakandengan model
sepertidebatterutamajikakemampuanmerekasudahdalamtingkatmutaqadim (tinggi),
atauberdiskusisederhanatentangtematertentusepertipadacontohberikut :
هل توافق او لا توافق؟ ولماذا؟
الزواج
السعيد هو الذي يخلو من المشكلات-
اكثرالخلافات
بين الزوجين سببها الاقارت-
الفرض
من الزواج الاستمتاع بالحياة-
Selain itu menurut M. Ainin Dkk, ada beberapa strategi lain yang dapat
digunakan oleh guru dalam tes Kalam, seperti:[5]
a) Menggunakan ungkapan baku
·
Menstimuli dan merespon ucapan selamat
(terkait waktu atau terkait peristiwa)
·
Menstimuli dan merespon tentang keadaan
b) Memperkenalkan diri
c) Menceritakan gambar tunggal
d) Menceritakan gambar berseri dengan panduan pertanyaan
e) Menceritakan gambar berseri tanpa panduan
f) Menceritakan pengalaman dengan panduan (misalnya kegiatan liburan dan
kegiatan rutin sehari-hari)
g) Mendeskripsikan objek
h) Pidato
BAB III
PENUTUP
o Kesimpulan
Terdapatbeberapabentuktes yang
dapatdigunakanuntukmengukurkemampuanketerampilanberbicarabahasaarab, seperti:
mendeskripsikan gambar, menceritakan pengalaman, wawancara, berbicara bebas dan
diskusi.
a) Menggunakan ungkapan baku
·
Menstimuli dan merespon ucapan selamat (terkait
waktu atau terkait peristiwa)
·
Menstimuli dan merespon tentang keadaan
b) Memperkenalkan diri
c) Menceritakan gambar tunggal
d) Menceritakan gambar berseri dengan panduan pertanyaan
e) Menceritakan gambar berseri tanpa panduan
f) Menceritakan pengalaman dengan panduan (misalnya kegiatan liburan dan
kegiatan rutin sehari-hari)
g) Mendeskripsikan objek
h) Pidato
DAFTAR PUSTAKA
Hamid, Abdul. Mengukur Kemampuan Bahasa Arab.
2010. Malang: Uin Maliki Press.
KamusBesarBahasa
Indonesia. 1989. Jakarta: Balai Pustaka,
Arikunto, Suharsimi.Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. 1986. Yogyakarta: Bina Aksara.
Aimin M. dkk. Evaluasi Dalam Pembelelajaran Bahasa Arab.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar