1.
Komunikata Cepat
Menurut Fathul Mujib dan Nailur Rahmawati
(2011), Tujuan dari permainan ini adalah agar siswa dapat memproduksi kata
dengan cepat, logis dan tepat. Permainan edukatif ini bisa diterapkan pada
siswa-siswa yang telah lama mempelajari bahasa Arab atau diajarkan bagi siswa
yang ingin mengembangkan kosa kata bahasa Arab.
Permainan ini dapat diterapkan secara individu atau berkelompok. Selain itu juga bisa dilakukan untuk
mengembangkan kemampuan mendengarkan (الإستماع).
Cara Bermain:
·
Pilihan pertama. Siswa
diajak bermain denganmenyambung huruf terakhir menjadi sebuah kata baru. Kata
kunci permainan ini adalah memanfaatkan suku kata terakhir sebagai kata pertama
pada pemain selanjutnya. Dan para pemain(siswa) yang telah menyebutkan suatu
kata, tidak diperbolehkan menyebutnya lagi.
Jika permainan ini dilakukan secara individu, Kata umpan pertama
bisa dari guru. Kemudian dilanjutkan oleh siswa-siswi berikutnya. Untuk mempermudah, permainan ini bisa
dilakukan secara berurutan mengikuti kursi tempat duduk. Sedangkan secara berkelompok,
bisa dilakukan dengan guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Guru
meminta setiap kelompok untuk maju kedepan dan mempraktikkan permainan ini.
Contoh:
Guru: كِتَابٌ
Siswa 1: بَابٌ
Siswa 2: بُرْتُقَالٌ
Dst.
·
Pilihan Kedua. Guru
telah menyiapkan kalimat-kalimat dalam bahasa Arab. Kalimat-kalimat tersebut
bisa berasal dari materi pelajaran. Guru memberikan kalimat menggunakan kertas
kecil pada siswa pertama. Pada siswa terakhir, guru menganalisa kalimat yang
sudah diucapkannya dan menjelaskannya kepada siswa, terutama letak
kesalahannya. Hal ini bermanfaat agar siswa tidak mengulanginya lagi dikemudian
harinya.
Setelah bermain, guru seyogyanya
menjelaskan kata-kata yang tidak dipahami oleh siswa. Untuk mengembangkan
kemampuan bahasa Arab siswa, guru bisa memberikan tugas atau PR berupa membuat
kalimat dengan kata-kata yang telah dipelajari. Ini akan membantu siswa
mengembangkan kemampuan berbahasanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar