RENCANA PELAKSANAAN PEMBELJARAN (RPP)
MTs :
MTsN 1 Kota Bima
Mata Pelajaran :
Bahasa Arab
Kelas/Semester :
IX/II
Waktu :
2 JP
Keterampilan :
Membaca
A. Standar Kompetensi :
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang
berwisata (السياحة)
B.
Kompetensi Dasar :
·
Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frasa,
kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang:السياحة و خلق العالم.
·
Mengidentifikasi kata, frasa, dan kalimat
wacana tertulis sederhana tentang: السياحة و خلق العالم.
·
Menemukan makna, gagasan atau pikiran dari
wacana tertulis sederhana tentang السياحة و خلق العالم.
C. Indikator Kompetensi
·
Mampu membaca bacaan tentang السياحة و خلق العالم.
·
Mampu menjelaskan gagasan yang terdapat dalam
teks tulis sederhana yang berkaitan dengan السياحة و خلق العالم.
·
Mampu menjawab pertanyaan yang berkaitan
dengan السياحة
و خلق العالم.
D.
Tujuan:
·
Siswa mampu membaca teks dengan lafal dan
intonasi yang baik dan benar.
·
Siswa mampu mengungkapkan gagasan teks bacaan.
·
Siswa mampu memahami teks tentang السياحة و خلق العالم
·
Siswa mampu menjawab pertanyaan yang diberikan
oleh guru dengan baik dan benar.
E. Materi Pokok :
Membacatentang السياحة و خلق العالمdan menjawab
pertanyaan tentang teks bacaan tersebut secara lisan.
F.
Metode Pembelajaran:
#
Ikhtiyarat/eclectic (sam’iyyah syafawiyah,
penugasan, tanya jawab dan lain-lain)
#
Menjawab soal dengan strategi permainan “bola
panas”.
G.
Media danSumberBelajar:
·
Media :
Spidol, papantulis, lembar kertas, laptop
dan proyektor.
·
SumberBelajar :
§ Buku bahasa Arab; Ayo Memahami Bahasa Arab untukMTs/SMP Islam, Karya A.
Syaikhuddin & Hasan Saefullah,
Jakarta: Penerbit Erlangga. 2009.
§ KH A.WarsonMunawir.Kamus
Al-Munawwir – Arab- Indonesia. Surabaya: PustakaProgressif. 1997.
H. Kegiatan Belajar Mengajar :
1.
Kegiatanawal
·
Motivasi dan Apersesi:
#
Menanyakan
kepada siswa tentang السياحة
و خلق العالم
#
Menjelaskan
tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan.
2.
KegiatanInti
*
Guru membaca teks tentang السياحة و خلق العالم.
*
Guru meminta siswa membacakan teks yang
berkaitan dengan teks tersebut.
*
Guru mengoreksi bacaan siswa.
*
Guru meminta siswa untuk bertanya tentang teks
bacaan tersebut.
*
Guru menanyakan kepada siswa tentang gagasan
yang terdapat dalam teks السياحة
و خلق العالم.
*
Guru memberikan pertanyaan berupa true and
false dan menjodohkan dengan menggunakan strategi “bola panas”:
-
Guru melempar bola kepada salah satu siswa.
-
Siswa yang mendapat lemparan bola, akan
menjawab soal yang diberikan oleh guru.
3.
Kegiatan Akhir
*
Guru
menutuppelajaran
I. Penilaian:
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Membaca nyaring teks.
§ Menjawab soal “true and false” dan menjodohkan
sesuai dengan teks
|
§ Tes lisan
|
§ Individu
|
§ Susunlah kata-kata berikut menjadi kalimat yang
lengkap!
|
Teks bacaan
السِيَاحَةُ وَ خَلْقُ العَالَم
اجْتَمَعَ طُلَّابُ فَصْلِ الثَالِثِ
فِي سِيَاحَةِ المَدْرَسَةِ، هُمْ انْتَظِرُوْا الحَافِلَةَ الَّتِيْ تَحْمِلُهُمْ
فِيْ سِيَاحَتِهِمْ إِلَى شَاطِئِ البَحْرِ. فَلَمَّا قَدَمَت الحَافِلَةُ أَدْخَلُوْا
مَحَافِظَهُمْ فِيْهَا، ثُمَّ جَلَسُوْا عَلَى الكَرَاسِيِ فِيْهَا.
وَ فِيْ طَرِيْقِهِمْ إِلَى الشَاطِئِ
قَالَ المُدَرِّسُ: أُنْظُرُوْا إِلَى العَالَمِ الَّذِيْ حَوْلَنَا. اللهُ الَّذِيْ
خَلَقَهُ، لَا يُشَارِكُهُ فِيْ الخَلْقِ أَحَدٌ.
هُوَ الَّذِيْ خَلَقَ السَمَاءَ وَ
أَنْزَلَ مِنْهَا المَاءَ. وَ خَلَقَ فِيْهَا الشَمْسَ وَ القَمَرَ. وَ زَيَّنَ بِالكَوَاكِبِ
وَ النُّجُوْمِ.
هُوَ الَّذِيْ خَلَقَ الأَرْضَ، وَ
أَنْبَتَ فِيْهَا الأَشْجَارَ وَ الأَزْهَارَ. وَ أَجْرَى فِيْهَا الأَنْهَارَ.
هُوَ الَّذِيْ خَلَقَ الإِنْسَانَ
وَ خَلَقَ لَهُ العَقْلَ، لِذلِكَ يَسْتَطِيْعُ بِهِ أَنْ يُفَكِّرَ وَ يَبْتَكِرَ
وَ يُفَرِّقَ بَيْنَ الحَقِّ وَ البَاطِلِ وَ بَيْنَ الخَيْرِ وَ الشَرِّ.
ثُمَّ أَرْسَلَ اللهُ رُسُلَهُ إِلَى
النَاسِ، مِنْهُمْ مُحَمَّدٌ ص م لِيُعَلِّمَ الإِنْسَانِ كَيْفَ يُؤْمِنُ بِاللهِ
وَ كَيْفَ يَعْمَلُ الصَالِحَاتِ وَ كَيْفَ يَتَخَلَّقُ بِالأَخْلَاقِ الكَرِيْمَةِ.
لِذَلِكَ لاَ بُدَّ لَنَا أَنْ نَشْكُرَ
اللهَ عَلَى جَمِيْعِ نِعَمِهِ الَّتِيْ أَعْطَاهَا إِلَيْنَا.
وَصَلَتْ الحَافِلَةُ إِلَى شَاطِئِ
البَحْرِ، فَخَرَجَ الطُلَّابُ مِنْهَا وَ تَمَشَّوْا بِفَرَحٍ وَ سُرُوْرٍ.
Contoh Soal:
أ.
قل "صحيح" إذا كانت الجملة موافقة لمادة
القراءة السابقة و "خطأ" إذا كان غير موافقة، ثمّ صحح ما تراه خطأ !
1.
أَخْرَجَ اللهُ المَطَرَ مِنَ الأَرْضِ (خَطَأ)
أَنْزَلَ اللهُ
المَطَرَ مِنَ السَمَاءِ.
2.
لاَ يُشَارِكُ اللهُ فِي الخَلْقِ أَحَدٌ. (صَحِيْح)
3.
خَلَقَ اللهُ الإِنْسَانَ بِدُوْنِ عَقْلٍ (خَطَأ)
خَلَقَ اللهُ
الإِنْسَانَ بِعَقْلٍ
4.
اللهُ الَّذِيْ زَيَّنَ السَمَاءَ بِالْكَوَاكِبِ وَ النُّجُوْمِ
(صَحِيْح)
5.
خَرَجَ الطُلَابُ مِنَ السَيَارَةِ قَبْلَ أَنْ وَصَلَتْ
إِلَى شَاطِئِ البَحْرِ (خَطَأ)
خَرَجَ الطُلَابُ مِنَ الحَافِلَةِعِنْدَمَا
وَصَلَتْ إِلَى شَاطِئِ البَحْرِ
ب.
المجاوزة
1
|
لَا شَرِيْكَ لَهُ فِيْ الخَلْقِ
|
|
2
|
يُفَرِّقُ الإِنْسَانُ بَيْنَ الخَيْرِ
وَ
|
الأَخْلَاقُ الكَرِيْمَة
|
الشَّرِّ
|
||
3
|
أَنْزَلَ اللهُ مِنَ السَمَاءِ
|
|
4
|
زَيَّنَ اللهُ السَمَاءَ
|
المَطَر
|
5
|
أَنْبَتَ اللهُ فِي الأَرْضِ
|
العَقْل
|
Mengetahui,
Dosen Pembimbing Praktikan
Dr.H Maksudin M. Ag Fatimah
Azzahra M
Tidak ada komentar:
Posting Komentar