MTs :
MTsN 1 Kota Bima
Mata Pelajaran :
Bahasa Arab
Kelas/Semester :
IX/I
Waktu :
2 JP
Keterampilan :
Mendengarkan/Istima’
A. Standar Kompetensi :
Memahami informasi lisan melalui
kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan sederhana tentang المناسبات الدينية: عيد الفطر
B.
Kompetensi Dasar :
·
Mengidentifikasibunyihurufhijaiyahdanujaran
(kata, frasa, ataukalimat) tentangالمناسبات الدينية: عيد الفطر
·
Menemukaninformasindanwacanalisansederhanatentangالمناسبات الدينية: عيد الفطر
·
Meresponsgagasan yang terdapatpadawacana yang
terdapatpadawacanalisanatau dialog sederhanatentang: المناسبات الدينية: عيد الفطر
C. Indikator Kompetensi
·
Mendemonstrasikan المناسبات الدينية: عيد الفطر sesuai hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
·
Menjelaskan makna kata, frase, dan kalimat
dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
·
Menjawab pertanyaan tentang kandungan materi
hiwar/teks lisan tentang
المناسبات
الدينية: عيد الفطر yang diperdengarkan
D.
Tujuan:
·
Menirukan (kata,frasa, atau kalimat) dalam
suatu konteks dengan tepat
·
Mengucapkan mufradat baru dengan lafal yang
benar
·
Menjawab pertanyaan suatu konteks dengan tepat
E. Materi Pokok :
Istima’ tentang المناسبات الدينية: عيد الفطر dengan menggunakan 20-25 mufrodat baru seperti ألقى، مزدحم ، ملتقى الطريق ، فكرة ، القرى ، زار ، إستيقظ dan menjawab
pertanyaaan wacana lisan tentang المناسبات الدينية: عيد الفطر
F.
Metode Pembelajaran:
Ikhtiyarat/eclectic (sam’iyyah syafawiyah, penugasan,
tanya jawab dan lain-lain)
G.
Media danSumberBelajar:
·
Media :
Spidol, papantulis, kepingankertas (terlampir)
·
SumberBelajar :
§ Buku bahasa Arab; Ayo Memahami Bahasa Arab untukMTs/SMP Islam, Karya A.
Syaikhuddin & Hasan Saefullah,
Jakarta: Penerbit Erlangga. 2009.
§ KH A.WarsonMunawir.Kamus
Al-Munawwir – Arab- Indonesia. Surabaya: PustakaProgressif. 1997.
H. Kegiatan Belajar Mengajar :
1.
Kegiatanawal
·
Motivasi dan Apersesi:
# Menanyakan kepada siswa tentang المناسبات الدينية: عيد الفطر
#
Menjelaskan
tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
2.
KegiatanInti
Eksplorasi
*
Guru membacakan sebuah paparan atau dialog tentang المناسبات الدينية: عيد الفطر
*
Guru menjelaskan tugas siswa, yaitu
mendengarkan dan menirukan
Elaborasi
* Siswamendengarkanbacaan guru
* Siswamenirukanbacaan guru
* Siswa memilih kata yang sesuai dengan yang siswa dengar.
*
Siswa menuliskan paparan atau dialog yang
dibacakan oleh guru
Konfirmasi
*
Guru
memberikan umpan balik terhadap proses
pembelajaran
*
Siswa bersama-sama guru menyempurnakan hasil
pemahaman wacana atau hiwar tentang المناسبات الدينية: عيد الفطر
3.
Kegiatan Akhir
*
Guru melaksanakan penilaian lisan
*
Memberikan tugas pengayaan
*
Guru
menutuppelajaran
I. Penilaian:
a) Kognitif
§
Siswa dapat menuliskan paparan atau dialog
yang dibacakan guru dengan baik dan benar.
§ Siswa dapat memahami makna kata, frase dan kalimat dalam hiwar/teks lisan
yang diperdengarkan
b) Psikomotorik
§ Siswa dapat menirukan kosa kata dalam paparan atau dialog dengan benar dan
baik
§ Peragaan : mendemonstrasikan hiwar/teks lisan mengenai المناسبات الدينية: عيد الفطرyang disimaknya
c) Afektif
§ Disiplin mengikuti proses kegiatan belajar mengajar
§ Respensif (senang dan bersungguh-sungguh) dalam mengikuti kegiatan belajar
mengajar.
§ Tuntas dan tepat waktu dalam melaksanakan tugas
Contoh Soal:
Pilihlah kata yang sesuai dengan yang kamu dengar!
اختر الكلمة المناسبة بما سمعت!
1.
(أ) جار (ب) زار
2.
(أ) فكرة (ب) فقرة
3.
(أ) إسراف (ب) إشراف
4.
(أ) مزدحم (ب) مزدهم
5.
(أ) إظهار (ب) إجهار
6.
(أ) سلّة (ب) صلة
7.
(أ) عام (ب) عمّ
8.
(أ) أيام (ب) أيّام
9.
(أ) القرى (ب) القراء
10.
(أ) خِطبة (ب) خُطبة
Mengetahui,
Dosen Pembimbing
Praktikan
Dr.H Maksudin M. Ag Fatimah
Azzahra M
19600716 199103 1 001 12420007
Tidak ada komentar:
Posting Komentar