Pages

Kamis, 08 September 2016

CONTOH RPP BAHASA ARAB UNTUK PPL 1 DAN METODE PERMAINAN EDUKATIF

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELJARAN (RPP)
MTs                                        : MTsN 1 Kota Bima
Mata Pelajaran                      : Bahasa Arab
Kelas/Semester                      : IX/I
Waktu                                                : 2 JP
Keterampilan                         : Mendengarkan/Istima’
A.    Standar Kompetensi :
Memahami  informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan sederhana tentang المناسبات الدينية: عيد الفطر
B.     Kompetensi Dasar :
·           Mengidentifikasibunyihurufhijaiyahdanujaran (kata, frasa, ataukalimat) tentangالمناسبات الدينية: عيد الفطر
·          Menemukaninformasindanwacanalisansederhanatentangالمناسبات الدينية: عيد الفطر
·           Meresponsgagasan yang terdapatpadawacana yang terdapatpadawacanalisanatau dialog sederhanatentang: المناسبات الدينية: عيد الفطر
C.    Indikator Kompetensi
·           Mendemonstrasikan المناسبات الدينية: عيد الفطر sesuai hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
·           Menjelaskan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
·           Menjawab pertanyaan tentang kandungan materi hiwar/teks lisan tentang
المناسبات الدينية: عيد الفطر yang diperdengarkan
D.    Tujuan:
·         Menirukan (kata,frasa, atau kalimat) dalam suatu konteks dengan tepat
·         Mengucapkan mufradat baru dengan lafal yang benar
·         Menjawab pertanyaan suatu konteks dengan tepat
E.     Materi Pokok :         
       Istima’ tentang المناسبات الدينية: عيد الفطر dengan menggunakan 20-25 mufrodat baru seperti ألقى، مزدحم ، ملتقى الطريق ، فكرة ، القرى ، زار ، إستيقظ  dan menjawab pertanyaaan wacana lisan tentang المناسبات الدينية: عيد الفطر
F.     Metode Pembelajaran:
Ikhtiyarat/eclectic (sam’iyyah syafawiyah, penugasan, tanya jawab dan lain-lain)
G.    Media danSumberBelajar:
·                Media                 : Spidol, papantulis, kepingankertas (terlampir)
·                SumberBelajar   :
§  Buku bahasa Arab; Ayo Memahami Bahasa Arab untukMTs/SMP Islam, Karya A. Syaikhuddin & Hasan Saefullah,  Jakarta: Penerbit Erlangga. 2009.
§  KH A.WarsonMunawir.Kamus Al-Munawwir – Arab- Indonesia. Surabaya: PustakaProgressif. 1997.

H.    Kegiatan Belajar Mengajar :
1.      Kegiatanawal
·           Motivasi dan Apersesi:
#     Menanyakan kepada siswa tentang المناسبات الدينية: عيد الفطر
#      Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
2.      KegiatanInti
Eksplorasi
*      Guru membacakan sebuah paparan atau dialog tentang المناسبات الدينية: عيد الفطر
*      Guru menjelaskan tugas siswa, yaitu mendengarkan dan menirukan
Elaborasi
*      Siswamendengarkanbacaan guru
*      Siswamenirukanbacaan guru
*      Siswa memilih kata yang sesuai dengan yang siswa dengar.
*      Siswa menuliskan paparan atau dialog yang dibacakan oleh guru
Konfirmasi
*     Guru memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran
*     Siswa bersama-sama guru menyempurnakan hasil pemahaman wacana atau hiwar tentang المناسبات الدينية: عيد الفطر
3.      Kegiatan Akhir
*     Guru melaksanakan penilaian lisan
*     Memberikan tugas pengayaan
*     Guru menutuppelajaran   
I.       Penilaian:
a)      Kognitif
§  Siswa dapat menuliskan paparan atau dialog yang dibacakan guru dengan baik dan benar.
§  Siswa dapat memahami makna kata, frase dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan
b)     Psikomotorik
§  Siswa dapat menirukan kosa kata dalam paparan atau dialog dengan benar dan baik
§  Peragaan : mendemonstrasikan hiwar/teks lisan mengenai المناسبات الدينية: عيد الفطرyang disimaknya
c)      Afektif
§  Disiplin mengikuti proses kegiatan belajar mengajar
§  Respensif (senang dan bersungguh-sungguh) dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.
§  Tuntas dan tepat waktu dalam melaksanakan tugas



Contoh Soal:
Pilihlah kata yang sesuai dengan yang kamu dengar!
اختر الكلمة المناسبة بما سمعت!
                                           1.            (أ)  جار               (ب)  زار
                                           2.            (أ) فكرة               (ب) فقرة
                                           3.            (أ) إسراف             (ب) إشراف
                                           4.            (أ) مزدحم             (ب) مزدهم
                                           5.            (أ) إظهار              (ب) إجهار
                                           6.            (أ) سلّة                (ب) صلة
                                           7.            (أ) عام                (ب) عمّ
                                           8.            (أ) أيام                (ب) أيّام
                                           9.            (أ) القرى              (ب) القراء
                                      10.            (أ) خِطبة              (ب) خُطبة

Mengetahui,
Dosen Pembimbing                                                                Praktikan


Dr.H Maksudin M. Ag                                                       Fatimah Azzahra M

19600716 199103 1 001                                                          12420007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar