Pages

Kamis, 08 September 2016

CONTOH RPP BAHASA ARAB UNTUK PPL DAN PERMAINAN EDUKATIF 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELJARAN (RPP)
MTs                                        : MTsN 1 Kota Bima
Mata Pelajaran                      : Bahasa Arab
Kelas/Semester                      : VII/I
Waktu                                                : 2 JP
Keterampilan                         : Berbicara/Kalam
A.    Standar Kompetensi :
Mengungkapkanpikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhanatentang الألوان.
B.     Kompetensi Dasar :
·           Melakukan dialog sederhana tentang الألوان.
·           Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang الألوان.
C.    Indikator Kompetensi
·           Mampu melakukan dialog sederhana tentang الألوان.
·           Mampu Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang الألوان.
D.    Tujuan:
·         Siswa mampu melafalkan dialog atau tanya jawab sesuai konteks dengan tepat dan lancar.
·         Siswa mampu melakukan dialog atau tanya jawab di dpan kelas sesuai konteks.
·         Siswa mampu membuat kalimat sederhana seperti contoh.


E.     Materi Pokok :         
             Hiwar tentang Menulis tentang الألوانdengan membuat kalimat sederhana seperti contoh.
F.     Metode Pembelajaran:
#      Ikhtiyarat/eclectic (sam’iyyah syafawiyah, penugasan, tanya jawab dan lain-lain)
G.    Media danSumberBelajar:
·                Media                 : Spidol, papantulis, kepingankertas (terlampir), laptop
  dan proyektor.
·                SumberBelajar   :
§  BukuTa’limullughoh al _Arobiyyahuntuk MTs PT. KaryaToha Putra Semarang, Karya D. Hidayat, Semarang: PT. Karya Putra Semarang. 2013.
§  KH A.WarsonMunawir.Kamus Al-Munawwir – Arab- Indonesia. Surabaya: PustakaProgressif. 1997.

H.    Kegiatan Belajar Mengajar :
1.      Kegiatanawal
·           Motivasi dan Apersesi:
#      Menanyakan kepada siswa tentang الألوان.
#      Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan.
2.      KegiatanInti
*     Guru menjelaskan sekilas tentang الألوان.
*     Guru membagi kelas menjadi dua kelompok
*     Guru menjelaskan tentang peraturan kuis:
o   Kuis tersebut merupakan “rebutan”
o   Setiap tim yang salah/tidak menjawab, maka kesalahan tersebut dicatat dengan mengambar “hangman”.
o   Tim yang kalah adalah yang paling sempurna gambar “hangman” tersebut.
*     Tanya jawab pada materi (ب)
3.      Kegiatan Akhir
*     Guru menutuppelajaran   
I.       Penilaian:
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Siswa mampu membuat kalimat sederhana seperti contoh.
§   
§  Tes Lisan
§  Kelompok
§  Individu
§         أجْرِ الحِوَار كَمَا فِي المِثَالِ

Contoh Soal:
‌أ.        أجْرِ الحِوَار كَمَا فِي المِثَالِ !
مِثاَل : هَذَا كِتَابُكَ / لا – لَوْنُهُ أَحْمَر
§       + :هَلْ هَذَا كِتَابُك ؟ 
-: لا، كِتَابِي لَوْنُهُ أَحْمَر
هذِهِ حَقِيْبَتُك / لا – لَوْنُهَا أَسْوَد
§       + : هَلْ هذِهِ حَقِيْبَتُك ؟
-: لا ، حَقِيْبَتِي لَوْنُهَا أَسْوَد
   1.            هَذَا قَلَمُك / لا - لَوْنُهُ أَحْمَر
   2.            هَذَا كِتَابُك / لا – لَوْنُهُ أَصْفَر
   3.            هَذِهِ سَاعَتُك / لا – لَوْنُهَا أَبْيَض
   4.            هَذِهِ حَقِيْبَتُك / لا – لَوْنُهَا بُنِيّ
   5.            هَذَا قَلَمُك / لا – لَوْنُهُ أَزْرَق
   6.            هَذِهِ كُرَّاسَتُك / لا – لَوْنُهَا كَرِيْمِي
‌ب.   أجْرِ الحِوَار كَمَا فِي المِثَالِ !
مِثَال : القَلَمُ؟ / أَحْمَر       =   + : مَا لَوْنُ القَلَمِ ؟     - : لَوْنُ القَلَمِ أَحْمَر
        السَبُوْرَة ؟ / أَبْيَض =    + : مَا لَوْنُ السَبُوْرَة ؟   - : لَوْنُ السَبُوْرَة أَبْيَض
   1.            الطَبَاشِيْر ؟ / أَبْيَض
   2.            المَكْتَب ؟ / بُنِي
   3.            الحَائِط ؟ / كَرِيْمِي
   4.            الحَقِيْبَة ؟ / أَسْوَد
   5.            الكِتَاب ؟ / رَمَادِي
   6.            السَاعَة ؟ / أَصْفَر
Mengetahui,
Dosen Pembimbing                                                                Praktikan


Dr.H Maksudin M. Ag                                                       Fatimah Azzahra M
19600716 199103 1 001                                                          12420007




Tidak ada komentar:

Posting Komentar