RENCANA PELAKSANAAN PEMBELJARAN (RPP)
MTs :
MTsN 1 Kota Bima
Mata Pelajaran :
Bahasa Arab
Kelas/Semester :
VII/I
Waktu :
2 JP
Keterampilan :
Berbicara/Kalam
A. Standar Kompetensi :
Mengungkapkanpikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan dalam bentuk
paparan atau dialog sederhanatentang الألوان.
B.
Kompetensi Dasar :
·
Melakukan dialog sederhana tentang الألوان.
·
Menyampaikan informasi
secara lisan dalam kalimat sederhana tentang الألوان.
C. Indikator Kompetensi
·
Mampu melakukan dialog sederhana tentang الألوان.
·
Mampu Menyampaikan informasi
secara lisan dalam kalimat sederhana tentang الألوان.
D.
Tujuan:
·
Siswa mampu melafalkan dialog atau tanya jawab
sesuai konteks dengan tepat dan lancar.
·
Siswa mampu melakukan dialog atau tanya jawab
di dpan kelas sesuai konteks.
·
Siswa mampu
membuat kalimat sederhana seperti contoh.
E. Materi Pokok :
Hiwar tentang Menulis tentang
الألوانdengan
membuat kalimat sederhana seperti contoh.
F.
Metode Pembelajaran:
#
Ikhtiyarat/eclectic (sam’iyyah syafawiyah,
penugasan, tanya jawab dan lain-lain)
G.
Media danSumberBelajar:
·
Media :
Spidol, papantulis, kepingankertas (terlampir), laptop
dan proyektor.
·
SumberBelajar :
§ BukuTa’limullughoh al _Arobiyyahuntuk MTs PT. KaryaToha Putra
Semarang, Karya D. Hidayat, Semarang: PT. Karya Putra Semarang. 2013.
§ KH A.WarsonMunawir.Kamus
Al-Munawwir – Arab- Indonesia. Surabaya: PustakaProgressif. 1997.
H. Kegiatan Belajar Mengajar :
1.
Kegiatanawal
·
Motivasi dan Apersesi:
#
Menanyakan kepada siswa
tentang الألوان.
#
Menjelaskan tujuan
pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan.
2.
KegiatanInti
*
Guru menjelaskan sekilas tentang الألوان.
*
Guru membagi kelas menjadi dua kelompok
*
Guru menjelaskan tentang peraturan kuis:
o
Kuis tersebut merupakan “rebutan”
o
Setiap tim yang salah/tidak menjawab, maka
kesalahan tersebut dicatat dengan mengambar “hangman”.
o
Tim yang kalah adalah yang paling sempurna
gambar “hangman” tersebut.
*
Tanya jawab pada materi (ب)
3.
Kegiatan Akhir
*
Guru
menutuppelajaran
I. Penilaian:
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
Siswa mampu membuat kalimat sederhana seperti
contoh.
§
|
§ Tes Lisan
|
§ Kelompok
§ Individu
|
§
أجْرِ الحِوَار كَمَا
فِي المِثَالِ
|
Contoh Soal:
أ.
أجْرِ الحِوَار كَمَا فِي المِثَالِ !
مِثاَل : هَذَا
كِتَابُكَ / لا – لَوْنُهُ أَحْمَر
§
+ :هَلْ هَذَا كِتَابُك ؟
-: لا، كِتَابِي لَوْنُهُ أَحْمَر
هذِهِ حَقِيْبَتُك / لا
– لَوْنُهَا أَسْوَد
§
+ : هَلْ هذِهِ حَقِيْبَتُك ؟
-: لا ، حَقِيْبَتِي لَوْنُهَا
أَسْوَد
1.
هَذَا قَلَمُك / لا - لَوْنُهُ أَحْمَر
2.
هَذَا كِتَابُك / لا – لَوْنُهُ أَصْفَر
3.
هَذِهِ سَاعَتُك / لا – لَوْنُهَا أَبْيَض
4.
هَذِهِ حَقِيْبَتُك / لا – لَوْنُهَا بُنِيّ
5.
هَذَا قَلَمُك / لا – لَوْنُهُ أَزْرَق
6.
هَذِهِ كُرَّاسَتُك / لا – لَوْنُهَا كَرِيْمِي
ب.
أجْرِ الحِوَار كَمَا فِي المِثَالِ !
مِثَال : القَلَمُ؟ / أَحْمَر = + : مَا لَوْنُ القَلَمِ ؟ - : لَوْنُ القَلَمِ أَحْمَر
السَبُوْرَة ؟ / أَبْيَض = + : مَا لَوْنُ السَبُوْرَة ؟ - : لَوْنُ السَبُوْرَة أَبْيَض
1.
الطَبَاشِيْر ؟ / أَبْيَض
2.
المَكْتَب ؟ / بُنِي
3.
الحَائِط ؟ / كَرِيْمِي
4.
الحَقِيْبَة ؟ / أَسْوَد
5.
الكِتَاب ؟ / رَمَادِي
6.
السَاعَة ؟ / أَصْفَر
Mengetahui,
Dosen Pembimbing Praktikan
Dr.H Maksudin M. Ag Fatimah
Azzahra M
19600716 199103 1 001 12420007
Tidak ada komentar:
Posting Komentar